Menulis Cepat: Solusi Buat Penulis Novel yang Moody

IMG_20150521_224819

Menulis Cepat, salah satu bab dari buku Creative Writing oleh A.S. Laksana (Gagasmedia)

Bismillah.

Setelah tulisan pertama saya terbit di blog ini, ada saja yang protes tentang judul artikel yang terkesan bombastis tersebut.

Kok bisa?

Mana mungkin?

Copas sana sini, jadilah novel.

Dan semacamnya. Saya tidak menyalahkan komentar yang masuk, namun di sini perlu saya garisbawahi bahwa menulis novel secara cepat adalah hal yang mungkin saja dilakukan oleh seorang penulis. Bahkan, menulis cepat bisa jadi solusi bagi penulis novel yang moody.

Penulis novel rawan sekali mengalami kebosanan, kebuntuan dan kehilangan daya untuk meneruskan novelnya. Hal ini terjadi karena kemauan menulis dipengaruhi oleh faktor mood. Jika sedang tidak mood, maka tidak ada tulisan yang muncul. Duh, kalau begitu, kita tidak akan pernah mengalami kemajuan menulis. Karena, mood baik untuk menulis jarang hadir apalagi bagi penulis yang memiliki segudang aktivitas selain menulis.

Mood seolah-olah menjadi alasan yang membenarkan kemalasan kita dalam menulis. Bagi saya, mood menulis tidak udah ditunggu. Dia seperti ikhlas saat bersedekah. Jika kita menunggu ikhlas, akhirnya kita nggak sedekah-sedekah. Kalau Anda menunggu mood, ya akhirnya nggak nulis-nulis!

Daripada menjadikan mood sebagai kambing hitam, mengapa tidak mencoba berdamai dengan mood? Cara untuk menaklukkan mood adalah sedikit memaksa jemari kita untuk menulis cepat. Ya, menulis cepat merupakan solusi buat penulis novel yang selalu bawa-bawa mood saat ogah menulis.

“Dengan menulis cepat, Anda akan menyelamatkan dua hal sekaligus: Mood dan waktu Anda.” (A.S. Laksana)

Menulis cepat di sini artinya Anda dituntut untuk menuangkan isi pikiran kita, mencurahkan semua kalimat yang ingin Anda sampaikan di dalam novel Anda. Menulis cepat dilakukan saat menulis draft pertama. Jangan terlalu terfokus pada kesalahan-kesalahan seperti salah ketik, alur yang berputar-putar, dialog membosankan, dan sebagainya. Jika Anda menuls novel sambil terus mengoreksi apa yang baru saja Anda tulis, maka Anda telah membuang-buang waktu yang Anda miliki. Mengedit adalah pekerjaan tersendiri, Anda bisa melakukannya NANTI!

Saat menulis cepat, biarkan tangan Anda bergerak menuliskan cerita yang ingin Anda tulis. Jika Anda punya pemikiran yang matang, maka mengetik cepat tidaklah sulit. Anda bisa menulis semau gue pada draft pertama Anda. Entah itu baik atau buruk, Anda hanya perlu menuliskannya secara cepat. Secepat-cepatnya. Sebab, saat Anda melakukannya secara lambat, maka setan kredit edit akan menghantui Anda, menggoda Anda untuk memperbaiki apa-apa yang baru saja Anda tulis. Dengan menulis cepat, Anda juga akan menghemat banyak waktu sehingga Anda bisa melakukan aktivitas lain diluar menulis. Percayalah, kelamaan di depan layar komputer itu melelahkan dan tidak baik untuk kesehatan Anda.

Kok sepertinya menulis jadi asal cepat ya?

Menulis cepat itu sebuah keterampilan yang bisa diasah oleh setiap penulis yang ingin produktif berkara. Ia sama persis dengan pembalap motor. Apakah Anda mengatakan bahwa yang dilakukan seorang pembalap itu salah karena mengendarai motor dengan kecepatan tinggi? Tentu tidak. Karena dia melakukannya secara profesional, tidak asal cepat. Kecepatan dalam menulis bisa dilatih, seperti halnya pembalap motor yang berlatih balapan di sirkuit.

Ketika Anda memilih jalur penulisan novel (yang pastinya memerlukan jalan panjang untuk menitinya), maka untuk menjadi produktif Anda harus mau memelajari keterampilan menulis cepat. Semakin mahir Anda menulis, maka kecepatan menulis akan bertambah seiring waktu.

Keuntungan lain dari menulis cepat adalah Anda tidak akan kehilangan fokus dalam bercerita. Seorang penulis yang lambat saat menulis akan mengalami kebingungan dan lupa inti cerita yang ingin disampaikan. Akhirnya, jumlah halaman meningkat tapi ceritanya jalan ditempat. Parahnya lagi jika ceritanya belok-belok, tidak sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Bagaimana jika saya tidak bisa menulis cepat?

Seperti yang sudah disinggung tadi, kecepatan menulis akan didapatkan seiring waktu dengan latian yang tekun dan gigih. Setiap penulis memerlukan jam terbang untuk menjadi penulis yang mahir dalam menuliskan cerita bagus. Dengan menulis cepat, akan banyak tulisan yang lahir dari tangan Anda. Tulisan yang sudah jadi masih memiliki harapan untuk dipoles menjadi novel yang sukses. Jika Anda tidak benyak menulis, maka apa yang bisa Anda poles? Anda tidak bisa mengedit kisah yang belum ditulis, bukan?

Maka dari itu, menulislah sekarang juga. Dimulai dari ide dasar (sederhana pun tak masalah) yang dikembangkan menjadi judul. Dari judul, buatlah premis yang bagus untuk novel Anda. Premis yang telah Anda buat kembankanlah menjadi sinopsis dan outline. Maka, Anda sudah bisa melangkah untuk menulis cerita Anda. Semakin cepat ditulis semakin baik, supaya ide tidak menguap begitu saja tanpa ada dokumentasi.

Terakhir, menulis cepat membuat Anda bisa berpikir cepat juga. Manfaatkan waktu untuk membuat novel yang menggugah. Ide begitu banyak bertebaran di muka bumi ini, sayang sekali jika Anda tidak menuangkannya dalam bentuk tulisan. Ingat, mood menulis tidak ditunggu melainkan diciptakan. Ciptakanlah mood yang baik setiap hari agar Anda bisa menulis novel setiap hari. Siap?

Semoga artikel tentang menulis cepat ini bermanfaat bagi Anda. Bagi yang ingin berdiskusi, silakan tulis di kolom komentar atau langsung menghubungi saya. Insya Allah akan saya jawab. Semoga berhasil!

Advertisements

One thought on “Menulis Cepat: Solusi Buat Penulis Novel yang Moody

  1. Pingback: 1000 Kata Perhari, Latihan Wajib Para Penulis Tangguh | Mengisi Jeda dengan Manfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s