Memulai Bisnis Rumahan yang Simpel dan Menguntungkan

tips-menjadi-pengusaha

Memulai bisnis rumahan yang simpel dan menguntungkan

Hai para pengusaha muda, salam semangat buat kita semua.

Memulai bisnis rumahan tentunya dapat diawali dengan hal-hal yang sederhana. Anda tidak perlu pusing duluan dengan berbagai pertanyaan rumit yang menggelayuti pikiran. Mau bisnis apa? Modalnya dari mana? Tempat usahanya di mana? Dan seabreg pertanyaan yang justru melemahkan semangat Anda untuk memulai usaha.

Hey, Anda akan memulai bisnis rumahan, bukan sedang membangun perusahan skala internasional! Itulah salah satu hal yang perlu Anda ingat.

Yups, ide bisnis rumahan yang simpel akan lebih mudah dimulai untuk dijalankan. Selain tidak memerlukan modal yang besar, bisnis yang simpel jauh lebih menguntungkan bagi Anda karena Anda tidak perlu lelah memikirkan banyak hal yang ribet-ribet saat mengurus bisnis tersebut.

So, apa saja bisnis rumahan yang simpel dan menguntungkan?

Bisnis Makanan

resep-brownies-kukus

Bisnis kue brownies

Nah, buat Anda yang hobi masak, inilah saatnya menjajal keahlian Anda untuk membuat masakan atau jajanan bernilai ekonomis yang dapat meningkatkan penghasilan. Tidak perlu menjadi chef handal untuk memulai bisnis makanan ini.

Pikirkan satu saja jenis masakan yang paling Anda sukai dan tentunya Anda kuasai cara membuatnya. Misalnya, Anda suka membuat kue brownies. Cobalah membuat kue brownies yang lezat di rumah, lalu mulai tawarkan pada saudara ataupun sahabat dekat Anda.

Dari mulut- ke mulut inilah produk kue brownies Anda akan mulai dikenal masyarakat. Kemudian, lakukan promosi sederhana misalnya membuat brosur atau memajang di DP blackbery Anda berikut nomor kontak untuk pemesanan.

Cara ini memang sangat sederhana, namun jika Anda mempromosikannya secara kontinyu, lama kelamaan Anda akan dikenal sebagai pembuat kue brownies yang profesional.

Anda mungkin akan tergoda mencoba membuat kue-kue lainnya. Namun, tetap fokus dan jadikan kue brownies Anda sebagai produk andalan. Produk lain bisa menyusul seiring fokus yang Anda kerjakan.

Bisnis Kerajinan Tangan

Anda yang hobi membuat kreasi handmade atau kerajinan tangan, bisa memanfaatkan hal ini sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Anda tidak perlu pergi bekerja ke luar rumah, karena Anda bisa membuat kerajinan tangan tersebut di rumah.

Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis Kerajinan Tangan

Bahan-bahan seperti dari kain flanel, kain perca, pita, batu-batuan,mutiara, ataupun bahan lainnya dapat Anda pergunakan untuk membuat aneka kreasi kerajinan tangan yang cantik seperti gantungan kunci, boneka, pita, bando, bros, kalung, dompet dan seterusnya.

Bisnis kerajinan tangan ini sangat simpel dan dapat Anda mulai kapan saja. Semakin banyak Anda berlatih, semakin banyak pengalaman Anda membuat kreasi. Jangan lupa untuk menawarkan produk Anda dengan cara menitipkannya di toko ataupun Anda jual secara online.

Jasa Pengetikan dan Print

Di jaman seperti ini, tidak ada yang bisa lepas dari urusuan komputer baik itu pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, dst. Bagi Anda yang memiliki komputer dan printer di rumah, jangan biarkan kedua benda tersebut menganggur, berdebu bahkan rusak karena jarang digunakan.

Cobalah menggunakan keahlian Anda yang paling sederhana dalam urusan ketik-mengetik dengan membuka jasa pengetikan dan print. Anda bisa membuka layanan print murah untuk menarik pelanggan. Biasanya, jasa pengetikan dan print ini sangat dibutuhkan pada saat mahasiswa skripsi.

Dengan membuka jasa pengetikan dan print ini, maka komputer atau laptop dan printer Anda akan memiliki nilai tambah. Penghasilan tambahan dari bisnis rumahan sederhana ini pun akan mengalir ke kantong Anda. Lumayan, bukan?

Bisnis Online dan Dropship

Satu lagi bisnis yang sedang booming dijalankan banyak orang. Ada yang bilang, selama Anda memiliki gadget berupa komputer, laptop, tablet atau smartphone dan koneksi internet, Anda bisa mulai berbisnis online!

Lalu, bagaimana dengan barang yang akan dijual di toko online Anda? Ah, butuh modal yang besar! Mungkin itu yang terbersit dalam pikiran Anda. Tunggu dulu. Anda bisa kok, memulai bisnis online di rumah bahkan tanpa memiliki produk dan tanpa mengeluarkan modal awal sekalipun! Kok bisa?

Yups, bisnis ini dikenal dengan sistem dropship yaitu Anda sebagai dropshiper hanya bertugas mempromosikan produk dan mendorong terjadinya transaksi sedangkan barang yang Anda jual adalah produk milik orang lain. Produk tersebut akan dikirimkan ke pemesan langsug dari produsennya.

Selain simpel, bisnis dengan cara dropship ini juga sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu capek dalam urusan pengiriman barang dan seterusnya. Cukup promosi, cari pesanan lalu melakukan transaksi. Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar beberapa persen dari harga produk yang terjual. Mudah, bukan?

Menulis Saja!

Nah, peluang bisnis rumahan yang terakhir adalah jasa penulisan. Saat ini, banyak orang yang mulai melirik pekerjaan sebagai freelance writer. Karena, banyak pula orang yang membutuhkan jasa penulisan artikel untuk web dan lainnya dengan rate harga yang disepakati.

unnamed

freelance writer

Atau bagi Anda yang hobi menulis artikel untuk majalah, menulis buku, dan proyek menulis lainnya juga bisa meraih kesempatan untuk mendapatkan passive income dari honor atau royalti buku Anda. Siapkan kemampuan menulis Anda, dan cobalah untuk menjadi seorang writerpreneur yakni orang-orang yang mendapatkan penghasilan dari menulis.

Itulah beberapa contoh bisnis rumahan yang simpel dan menguntungkan yang dapat Anda coba di rumah. Tidak ada kata terlambat untuk memulai usaha, bisnis bisa dimulai kapan saja dan dari mana saja asalkan ada kemauan dan tekad untuk sukses.

Selamat berbisnis, semangat berwirausaha!

Advertisements