Memulai Bisnis Rumahan dengan Modal Sendiri

Bisnis Rumahan Modal Sendiri

Bisnis Rumahan Modal Sendiri

Memulai Bisnis Rumahan dengan Modal Sendiri – Bismillah.

Saat Anda memikirkan dan merancang sebuah bisnis, kebanyakan yang terbetik di benak Anda pertama kali yang harus dipenuhi adalah modal. Modal di sini tidak jauh-jauh dari modal materi atau uang. Memulai bisnis tanpa modal uang itu hampir mustahil. Untuk menjual es buah, Anda perlu modal untuk beli buah, plastik, air mineral dan gula. Untuk menjadi reseller jilbab, Anda perlu membayar/transfer dulu sebelum barang dikirim. Intinya, anpa modal uang kita akan sulit bergerak.

Oke, kita anggap saja modal uang itu wajib ada untuk memulai sebuah bisnis. Untuk Anda yang berada di rumah, bisnis rumahan yang cocok untuk Anda adalah yang menjual barang atau jasa yang ada konsumennya. Misalnya toko kelontong, toko jilbab, toko pakaian, jual pulsa, jual mainan, membuat souvenir pernikahan, warung makanan, katering, jual jus, jual tiket kereta api/pesawat, jual mainan anak-anak, hingga agen kosmetik dan obat-obatan herbal. Semua itu bisa Anda rintis dari rumah dengan modal relatif sedikit yakni berkisar antara puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Usaha Rumahan Modal Kecil

Usaha Rumahan Modal Kecil

Biasanya orang akan mencari modal ke sana kemari untuk memulai usaha. Bisa jadi mereka akan pergi ke bank, mencari investor, patungan dengan teman dan lain-lain demi mendapatkan modal yang dibutuhkan. Boleh-boleh saja sih, asalkan caranya benar dan dapat dipertanggungjawabkan Anda bisa menempuh jalur tersebut. Namun, adakalanya pihak lain menuntut persyaratan sebelum menggelontorkan modal usaha kepada kita. Misalnya dengan adanya jaminan dan bisnis harus sudah berdiri sekian tahun (biasanya bank mensyaratkan hal ini).

Lalu, bagaimana dengan Anda yang baru mulai berbisnis? Kesempatan mendapatkan modal makin kecil karena Anda kurang pengalaman usaha dan nggak punya jaminan. Waduh, kalau kayak gini kapan mulainya jadi pengusaha? Tenang, masih ada cara-cara untuk memulai bisnis rumahan dengan modal sendiri. Bagaimana caranya? Saya akan berikan tips gratis ini buat Anda semua. Check this out!

Gunakan Uang Tabungan

Ini adalah cara termudah dan paling minim resiko. Maksudnya, resikonya kamu hanya akan kehilangan uang tabungan tanpa mendapatkan masalah dengan orang lain apabila bisnismu benar-benar gagal. Jika kamu masih bekerja di perusahaan, kamu harus konsisten menabung dan setelah sekian bulan kamu bisa mulai bisnis sendiri dengan modal tabunganmu itu. Jangan lupa simpan recehan sisa belanja untuk dimasukkan celengan, kalau sudah penuh lumayan kan kalau bisa dipakai untuk modal usaha di rumah? =)

Jual Barang Berharga

Cara kedua ini tak kalah simpel, namun butuh sedikit pengorbanan. Kalau kamu punya motor yang superbagus namun perawatannya menguras kantong, kenapa tidak dijual saja? Sebagian kamu belikan motor yang lebih murah namun bisa dipakai dan sisanya bisa digunakan sebagai modal usaha.

Atau kamu punya perhiasan yang jarang dipakai, coba deh jual. Dana segar hasil penjualan perhiasan bisa diputar menjadi bisnis yang menguntungkan. Kapan-kapan kan bisa beli lagi perhiasannya kalau kamu sudah dapat hasil dari bisnis.

Cara ini agak ekstrim sih, tapi terbukti berhasil membuatmu jadi pengusaha sungguhan (bukan hanya pengusaha ‘mimpi’). Kesuksesan terkadang membutuhkan pengorbanan lho, Sobat!

Gadaikan Barang Berharga

Ah, sayang banget deh kalau barang yang udah dimiliki dari hasil kerja dijual begitu aja! Hmm, kalau begitu masih ada cara lainnya yakni dengan menggadaikan barang berhargamu. Anda bisa menebusnya nanti tanpa takut kehilangan barang tersebut, sedangkan uang hasil gadai bisa Anda putar sebagai modal bisnis rumahanmu. Dua-duanya bisa jalan, deh!

Jual Barang Bekas

Selain barang berharga, menjual barang bekas yang masih layak pakai adalah solusi untuk membereskan gudangmu dari barang tak terpakai sekaligus mendapatkan uang cash buat modal bisnis. So, tunggu apa lagi? Segera bongkar gudangmu dan temukan apa saja barang yang bisa kamu jadikan duit. *bukan iklan situs jual beli barang bekas online, yah!*

Mulai dari Bisnis Modal Kecil

Mulai dari Bisnis yang Sederhana

Mulai dari Bisnis yang Sederhana

Kalau kamu ingin bisnis rumahanmu jadi nyata, segera mulai dengan modal seminimal mungkin yang kamu miliki. Tanpa action, kamu nggak akan pernah punya bisnis! Mulailah dengan bisnis yang tak membutuhkan banyak modal, yakni yang modalnya dibawah 1 juta. Bila perlu inspirasi, kamu bisa cari artikelnya di internet atau beli buku dengan judul bisnis modal kecil. Come on, kalau nggak punya duit setidaknya kamu punya ide dan gadget, kan?

Kumpulkan Laba Untuk Menambah Modal

Setelah menjalankan bisnis rumahan yang paling simpel dan bisa dijalankan, tahanlah untuk mengambil laba yang kamu hasilkan untuk keperluan pribadi. Kumpulkan laba tersebut dan perbesar modal usahamu. Dengan cara ini, kamu akan memiliki bisnis yang besar, dengan kekuatan modal sendiri. Bisnis yang bertumbuh dan bisa survive itu lebih bagus daripada bisnis yang memakan modal besar tapi bangkrut. Kelola modal dengan baik hingga bisnis rumahanmu menggurita dan membesar dengan kekuatanmu sendiri.

Kembangkan Modal Hingga Bisnis Menggurita

Kembangkan Modal Hingga Bisnis Menggurita

Nah, bagaimana, Anda sudah terinspirasi membangun bisnis rumaan dengan modal sendiri? Yuk, segera praktekkan ilmu sekecil apapun supaya kamu bisa memetik manfaat dari artikel ini. Jangan lupa, share artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat bagimu atau orang di sekitarmu, ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s