1000 Kata Perhari, Latihan Wajib Para Penulis Tangguh

1000 Kata Perhari, Latihan Wajib Para Penulis Tangguh – Menjadi penulis novel atau penulis buku, yang diperlukan adalah konsistensi. Ide mungkin saja hanya sedikit yang bisa dieksekusi. Namun untuk mengembangkan ide tesebut menjadi sebuah naskah utuh, diperlukan kekuatan, ketahanan dan kesabaran kesyukuran.

Jika diibaratkan lari, menulis cerpen atau artikel blog adalah sprint. Sedangkan menulis buku atau novel merupakan maraton bagi penulis. Apa yang diperlukan oleh pelari maraton? Apakah kecepatan yang diunggulkan? Ternyata bukan.

make-writing-habit

Latihan untuk ketahanan adalah yang paling utama agar stamina tidak putus di tengah jalan. Buat apa jadi yang tercepat kalau setengah jalan sudah berhenti? Oleh karena itu, penulis buku atau novel bisa dibilang sebagai penulis tangguh yang memerlukan latihan setiap hari agar bisa meraih prestasi kala berlomba dengan peserta maraton yang lain.

Saya pernah membaca tulisan seorang novelis ternama, yang bukunya sudah diterbitkan (sekitar 25 buku) oleh penerbit nasional yakni Tere Liye. Siapa yang tak ingin mengikuti jejaknya? Tere Liye berhasil membuktikan bahwa menjadi penulis buku berkualitas bisa juga produktif dan buku-bukunya pun best seller.

Tulisan yang saya baca adalah tips dari tere liye untuk para penulis. Menulis itu tidak ribet. Menulis ya menulis saja. Jika ingin menjadi penulis yang handal, maka berlatihlah menulis 1000 kata per hari. Lambat laun, kamu akan bisa menjadi penulis buku produktif yang karyanya selalu dinantikan.

Sesuai judul yang saya tuliskan, jika kamu ingin menjadi penulis tangguh, yang kamu butuhkan adalah latihan 1000 kata per hari. 1000 kata, bagi sebagian orang sangat banyak! Kalau di Ms. Word, sekitar 3-4 halaman. Bagi sebagian yang lain, menulis 1000 kata itu mudah. Mudah karena sudah biasa.

Coba perhatikan, mudah karena sudah biasa. Berarti apa yang harus kamu lakukan?

KEBIASAAN!

Bangunlah kebiasaan menulis 1000 kata per hari, maka kamu akan menganggapnya mudah. Bagaimana caranya?

write

Pertama, sebuah kebiasaan ada karena kita mencoba. Cobalah untuk berlatih menulis 1000 kata per hari. Medianya terserah, mau secara offline yang disimpan di folder komputer atau secara online dengan menulis blog/notes facebook. Usahakan jangan di status facebook karena bakalan terlalu panjang dan mudah hilang karena tenggelam.

Apapun medianya tidak penting, yang penting adalah kamu menulis 1000 kata per hari selama minimal 30 hari tanpa putus. Ini dilakukan untuk membentuk habit atau kebiasaan menulis dan melatih ketahanan kita dalam menulis.

Whattt??? Mana mungkin? Bikin status pendek saja kadang ngeblank!

Mungkin saja, Sob! Selama itu masih kelihatan mata, bukan barang ghaib, maka mungkin saja untuk dilakukan. Itu prinsip saya. Kalau sepengalaman saya, menulis 1000 kata per hari bisa dilakukan dengan cara membuat artikel pendek sepanjang 300-350 kata. Jadi, saya cukup menulis sekitar 3 artikel per hari.

Memecah 1000 kata menjadi 3 bagian tulisan akan terasa lebih ringan. Ini sebagai latihan awal, ya! Jika sudah mahir, kamu bahkan bisa menulis satu gagasan utuh dalam 1 tulisan sepanjang 1000 kata.

Ini penting buat kamu para calon penulis buku dan penulis novel. Kamu bahkan harus mengembangkan 1 ide pokok cerita novel dalam 30.000-60.000 kata. Untuk penulis buku, harus mengembangkan gagasan utuh sepanjang kurang lebih sama dengan jumlah kata di novel.

Oleh karena itu, kamu bisa memulainya dengan cara melatih otot menulismu sedikit demi sedikit. Tulisan sepanjang 1000 kata bisa kamu tuangkan dalam 3 artikel, maupun 1 artikel. Terserah, mana yang lebih nyaman untukmu. Yang perlu dicatat adalah: KONSISTENSI kamu untuk menulis setiap hari.

Setelah 30 hari, tanpa terasa kamu sudah menulis 30.000 kata. Itu sudah cukup untuk dijadikan sebuah buku. Sebagai penyemangat, kamu bisa mencetaknya dan menjadikannya sebuah buku untuk menunjukkan bahwa sebenarnya kamu mampu menulis sebuah buku. Syaratnya kamu harus konsisten.

menulis-Hobi-yang-Bisa-Membuatmu-Lebih-Pintar

Keuntungan latihan ini adalah saat kamu sudah memiliki rencana penulisan buku, kamu akan siap menyelesaikannya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Kamu tidak bingung lagi saat ada deadline.

Mengapa? Karena kamu sudah biasa. Seiring waktu, menulis 1000 kata bukan lagi hal yang sulit. Kamu bahkan bisa menulis 1500 kata, 2000 kata, bahkan lebih dalam satu hari. Membayangkannya saja menyenangkan. Pantaslah jika novelis sekaliber Tere Liye begitu produktif menulis buku.

Tidak ada yang tidak bisa dilakukan. Hanya butuh tiga kata ini: MAU ATAU TIDAK. Walau kamu mampu, tapi tidak mau, kelar deh. Yang penting adalah kemauan, walau kamu belum mampu. Setelah mampu, kamu harus menjaga kemauanmu supaya bisa mencapai targetmu.

Okey, itulah sedikit tips buat kamu para calon penulis tangguh. Silakan dipraktekkan ya. Ada ilmu tanpa ada praktek akan jadi sia-sia. Yuk, menulis!

*Indriani Taslim

Advertisements

One thought on “1000 Kata Perhari, Latihan Wajib Para Penulis Tangguh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s