Tips Menanamkan Kebisaan Membaca Pada Anak Sejak Kecil

Menjadikan anak gemar membaca buku bukanlah perkara yang sulit. Kebiasaan membaca pada anak dapat ditanamkan sejak ia bayi, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Sejak usia kandungan 4 bulan, bayi dapat mendengarkan suara dari luar, sehingga sangat tepat jika Anda mulai membacakan buku untuknya agar kelak dia akrab dengan buku.

melatih-anak-gemar-membaca

Namun, tidak jarang para ibu kesulitan untuk “menyuruh” anak-anak membaca buku. Padahal, dengan buku, ilmu pengetahuan mereka akan berkembang. Banyak informasi yang bisa didapatkan dari buku. Nah, kali ini saya akan mencoba memberikan tips untuk Anda yang ingin membiasakan anak-anak agar gemar membaca dengan beberapa cara mudah berikut ini. Selamat menyimak!

Membacakan Buku Sejak Hari Kelahirannya

Seperti yang sudah saya singgung di atas, sejak dalam kandungan pun, janin sudah bisa mendengarkan suara Anda. Manfaatkan dengan membacakan buku untuk anak dalam kandungan Anda. Saat belanja keperluan untuk bayi baru lahir, jangan lupa untuk membeli beberapa buah buku untuk Anda bacakan saat hari kelahirannya. Semakin cepat Anda mengenalkan buku pada anak Anda, maka akan semakin besar peluang ia menyukai buku.

Anak Adalah Peniru, Buat Dia Meniru Anda

Bagi anak, ibu adalah dunianya. Maka, berikanlah teladan kepada anak Anda dalam hal membaca buku. Anak akan mudah menirukan kebiasaan orangtuanya. Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan contoh dengan cara Anda membaca buku, artikel di majalah atau koran, hingga artikel di internet. Biarkan merek melihat Anda asyik membaca. Lambat laun, mereka akan meniru kebiasaan baik tersebut dalam kesehariannya.

Jadikan Membaca Sebagai Kegiatan Rutin yang Menyenangkan

belajar-membaca_4

Sejak dini, buatlah semacam jadwal membaca untuk anak. Tidak perlu lama, 30 menit hingga 1 jam per hari, wajibkan mereka untuk membaca buku apa saja yang mereka sukai. Bisa juga lebih pendek dari itu, yang penting adalah konsisten. Jika sejak keci mereka sudah rutin membaca buku, kebiasaan tersebut tidak akan mudah hilang ketika mereka dewasa.

Buat Perpustakaan Mini di Rumah, Lengkap dengan Ruang Baca yang Nyaman

Tentunya, kegiatan membaca di rumah tidak akan terpenuhi tanpa tersedianya buku di rumah. Solusinya, buatlah perpustakaan mini di rumah. Hal ini tidak memerlukan banyak biaya dan tempat. Anda bisa membeli rak buku ukuran sedang, kursi baca dan lampu penerangan yang cukup. Taruh koleksi buku Anda di rak tersebut, sehingga anak-anak akan lebih mudah menemukan buku dan membacanya dengan nyaman.

Alternatif lainnya adalah sediakan banyak buku di mana saja. Boleh di meja kecil di sudut ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, bahkan di teras depan maupun belakang. Dengan demikian, buku akan semakin mudah dijangkau oleh anak-anak. Tidak perlu takut buku rusak, saat anak tumbuh besar ajak dia untuk merawat koleksi buku tersebut supaya awet.

Investasikan Dana untuk Membeli Buku Anak

Barangkali, membeli buku membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi untuk buku-buku yang berkualitas. Nah, Anda harus pandai mengatur keuangan Anda supaya bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana membeli buku anak.

Membeli buku anak tidak ubahnya kita membelikan makanan, baju, mainan, dan keperluan anak lainnya. Jangan menunggu uang sisa, namun tetapkan budget setiap bulan untuk membeli buku sebagai investasi masa depan bagi anak Anda. Keseriusan Anda untuk menyediakan buku bacaan bermutu akan mendorong anak Anda menghargai usaha Anda tersebut dengan membaca buku-buku yang Anda belikan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya kebiasaan membaca pada anak tumbuh sejak ia masih kecil. Semoga bermanfaat, ya! Jika Anda ingin melengkapi koleksi buku-buku untuk anak Anda, silakan hubungi saya selaku Book Advisor MDS (PT. Mandira Dian Sejahtera) via Whatsapp +6285731845840 atau email indriani.taslim90@gmail.com

 

Book Advisor,

Indriani Taslim

Advertisements

2 thoughts on “Tips Menanamkan Kebisaan Membaca Pada Anak Sejak Kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s