Starting Up an Online Bussines

Halo, kamu lagi apa?

Pandemi ini mungkin banyak orang yang beralih ke bisnis online untuk mengebulkan lagi asap dapur, menyambung hidup setelah di-PHK, atau mengumpulkan lagi pundi-pundi setelah bisnis offline sepi.

Nah, sama nih, saya lagi mau mulai bisnis online.

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Saya cerita dulu ya. Saya itu orangnya sangat mudah berubah-ubah pikiran. Sehari bilang A, besok udah B aja. Gitu terus. Saya sempat bertanya kepada kakak saya, “Kamu percaya gak kalau suatu saat aku bisa menghasilkan dolar dari Adsense?” Ini kaitannya dengan bidang yang sedang saya pelajari yaitu SEO dan digital marketing.

Apa jawab kakak saya?

“Iya, asalkan kamu nggak berubah-ubah pikiran.”

Udah nanya gitu, apakah saya langsung nggak berubah-ubah pikiran…? Nggak juga. Saya tetap berubah pikiran. Bahkan setiap detik saya berubah pikiran. Hehe.

Setelah ingin menekuni SEO, saya mau melanjutkan nulis buku. Belum tersentuh draft novel, sudah mau bikin toko offline. Toko offline modalnya gede, saya beralih ingin memulai bisnis online. Sangat tidak patut dicontoh.

Lalu saya berusaha fokus.

Nah, saya akhirnya ketemu kata kunci untuk memulai bisnis online ini supaya tidak berubah-ubah pikiran lagi. Apa itu? Sudah saya sebut tadi. FOKUS.

Saya mulai fokus dengan apa yang akan saya mulai.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mengoptimasi satu kata kunci dan produk. Saya akan menerapkan SEO lokal. Saya akan menjual produknya juga. Nah, akhirnya oprek lagi keyword plannernya. Ketemu apa yang bisa saya optimasi. Saya riset, apakah saya ada peluang masuk di nomor 1. Apa bisa saya implementasikan digital marketingnya? Potensial.

Bismillah. Per 1 november 2020 saya akan starting an online bussiness. Dengan cara saya, dengan modal fokus, sabar, dan memberikan adding value atau nilai lebih kepada customer. Sekaligus… menerapkan pelajaran SEO saya setahun belakangan ini (lama juga ya saya belajarnya…?)

Satu hal, saya ingin menikmati prosesnya dan pertumbuhannya.

Sudah itu dulu ceritanya, disambung lagi kalau sudah ada perkembangan.

UPDATE 28 Nov 2020:

SAYA BELUM JADI MULAI. Hehe.

Leave a comment